NEW MEDIA ( DEFINISI, PANDANGAN, MANFAAT, KOMPONEN, APLIKASI, DAN MENGANALISA SERTA MENJELASKAN FITUR DARI NEW MEDIA)
Definisi New Media (Media Baru)
Munculnya
istilah media baru atau New Media di akbir tahun 1980-an membuat dunia
media dan komunikasi terlihat sangat berbeda. Perkembangan media dari media
konvensional hingga media baru atau New Media, turut mempengaruhi
berbagai aspek kehidupan manusia (aspek ekonomi, social dan budaya). Kehadiran New
Media tidak lepas dari perkembangan teknologi yang sifatnya dinamis New
Media, perubahan bentuk, produksi, distribusi dan konsumsi media terlihat sangat
kompleks.
Media baru merujuk pada
hal-hal berikut:
New Textual Experiences,
yaitu genre dan bentu tekstual baru, hiburan dan pola konsumsi media (permainan
computer, simulasi, film efek khusus).
New ways of representing the world,
media menawarkan pengalaman representasional baru (multimedia interaktif
berbasis layer).
New relationship between subjects
(users and consumers) and media technologies, yaitu perubahan
dalam penggunaan dan penerimaan gambar dan media komunikasi dalam keidupan sehari-hari.
New experiences of the relationship between
embodiment, identity and community, yaitu pergeseran waktu, ruang dan tempat (pada
skala local dan global).
New conceptions of the biological body’s
relationship to technological media, yaitu tantangan baru
karena adanya nayata dan virtual, alam dan teknologi serta manusai dan buatan.
New patterns od organization and
production yaitu penataan dan integrase yang lebih luas budaya
media, industry, ekonomi, kontrol dan regulasi.
Menurut para ahli:
Menurut Everett M. Rogers
(dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam
empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak,
Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah
media yang berkembang pada era komunikasi interaktif.
Menurut Ron Rice
mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan
komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi
penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi
yang diinginkan.
Menurut McQuail,
media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi;
distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan
komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.
Pandangan
New Media
Pandangan terhadap new media dapat
berpengaruh positif dan negative. Berpengaruh positifnya info dari media sangat
mudah dan sangat cepat, dapat di akses di mana pun serta mendapatkannya sangat
mudah. Luasnya jejaring social juga bisa menghubungkan semua user di seluruh
dunia untuk berkomunikasi. Pengaruh negative new media terhadap mansia adalah
info dari media tersebuttanpa batas dan dapat masuknya budaya luar melalui
media baru ini, jika tidak di dasarkan kepada ilmu pengetahuan maka akan
menimbulkan hal-hal yang negative terhadap masyarakat.
Manfaat
New Media
Bidang
Sosial
Dalam
bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam
jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter,
skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial
ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia
manapun.
Bidang
Industri/Dagang
Dalam
bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk
tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung
didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya
melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.
Bidang
Pendidikan
Dalam
bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan
materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan
segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa
membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
Bidang
Lowongan Kerja
Dalam
bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu
mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga,
tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke kantor.
Komponen
New Media
Pada
new media ada beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai juga media
yang digunakan agar dapat berhubungan
dengan new media,diantaranya adalah sebagai berikut:
Produsen merupakan orang yang menciptakan
wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta
atau pembentuk new media.
Distributor adalah sebuah perantara yang
menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi
mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
Konsumen adalah orang yang berperan
sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk
memakai new media.
Aplikasi
New Media
Jejaring
Sosial
Contoh
aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo
messenger, my space, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi
masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload
photo, video call dll. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah,
cepat dan mudah.
Online
Shop
Produk
produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah
sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop
melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik
perhatian konsumen secara cepat.
Informasi/Pendidikan
Untuk
mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media
yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog
ataupun website website lain nya.
Beberapa
contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu :
Google,
Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian
sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
CNN,
BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk
memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
Youtube,
seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan
video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio
visual.
Twitter,
Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog
dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan
kepata publik.
BSE,
e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara
online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan
buku elektronik (e-book).
Dan
sebagainya.
Sumber:
Comments
Post a Comment